Posted by : Unknown
Selasa, 10 November 2015
Pengertian Stack pada Struktur Data adalah sebagai
tumpukan dari benda, sekumpulan data yang seolah-olah diletakkan di atas data
yang lain, koleksi dari objek-objek homogen, atau Suatu urutan elemen yang
elemennya dapat diambil dan ditambah hanya pada posisi akhir (top) saja.Stack pada Struktur Data dapat diilustrasikan dengan dua buah kotak yang ditumpuk, kotak yang satu akan
ditumpuk diatas kotak yang lainnya. Jika kemudian stack 2 kotak tadi, ditambah
kotak ketiga, keempat, kelima, dan seterusnya, maka akan diperoleh sebuah stack
kotak yang terdiri dari N kotak.
Stack bersifat LIFO (Last In First Out)
artinya Benda yang terakhir masuk ke dalam stack akan menjadi yang pertama
keluar dari stack
Operasi-operasi
yang biasanya tredapat pada Stack yaitu:
1. Push :
digunakan untuk menambah item pada stack pada tumpukan paling atas
2. Pop :
digunakan untuk mengambil item pada stack pada tumpukan paling atas
3. Clear :
digunakan untuk mengosongkan stack
4. IsEmpty :
fungsi yang digunakan untuk mengecek apakah stack sudah kosong
5. IsFull :
fungsi yang digunakan untuk mengecek apakah stack sudah penuh
Cara mendefenisikan Stack dengan Array of Struct yaitu:
1. Definisikan
Stack dengan menggunakan struct
2. Definisikan
konstanta MAX_STACK untuk menyimpan maksimum isi stack
3. Buatlah variabel
array data sebagai implementasi stack
4. Deklarasikan
operasi-operasi/function di atas dan buat implemetasinya.
contoh :
//Deklarasi
MAX_STACK
#define MAX_STACK 10
//Deklarasi STACK
dengan struct dan array data
typedef struct STACK{
int top;
char data[10][10];
};
//Deklarasi/buat
variabel dari struct
STACK tumpuk;
Inisialisasi Stack
Pada mulanya isi
top dengan -1, karena array dalam C dimulai dari 0, yang berarti stack adalah
kosong.
Top adalah suatu
variabel penanda dalam STACK yang menunjukkan elemen teratas Stacksekarang.
Top Of Stack akan selalu bergerak hingga mencapai MAX of STACK sehingga
menyebabkan stack penuh.
Ilustrasi
Stack pada saat inisialisasi
IsFull berfungsi untuk memeriksa apakah stack sudah
penuh atau tidak. Dengan cara, memeriksa top of stack, jika sudah sama dengan
MAX_STACK-1 maka full, jika belum (masih lebih kecil dari MAX_STACK-1)
maka belum full.
Ilustrasi
Stack pada kondisi Full
IsEmpty berfungsi untuk memeriksa apakah stack masih
kosong atau tidak. Dengan cara memeriksa top of stack, jika masih -1 maka
berarti stack masih kosong.
Push berfungsi untuk memasukkan elemen ke stack,
selalu menjadi elemen teratas stack (yang ditunjuk oleh TOS).
Tambah satu
(increment) nilai top of stack lebih dahulu setiap kali ada penambahan
elemen stack.
Asalkan stack masih
belum penuh, isikan data baru ke stack berdasarkan indeks top of stack setelah
diincrement sebelumnya.
Pop berfungsi untuk mengambil elemen teratas
(data yang ditunjuk oleh TOS) dari stack.
Ambil dahulu nilai
elemen teratas stack dengan mengakses top of stack, tampilkan nilai yang akan
dipop, baru dilakukan decrement nilai top of stack sehingga jumlah elemen stack
berkurang.
Printberfungsi untuk menampilkan semua
elemen-elemen stack dengan cara looping semua nilai array secara terbalik,
karena kita harus mengakses dari indeks array tertinggi terlebih dahulu baru ke
indeks yang kecil.
Operasi Push
void Push (NOD **T, char item)
{
NOD *n;
n=NodBaru (item);
n->next=*T;
*T=n;
}
Operasi Pop
char Pop (NOD **T)
{
NOD *n; char item;
if (!StackKosong(*T)) {
P=*T;
*T=(*T)->next;
item=P->data;
free(P);
}
return item;
}
create berfungsi
untuk membuat sebuah stack baru yang masih kosong.
untuk aplikasinya dowload aja disini
CARA DOWNLOAD:
Simpul dalam (Internal nodes)
Sebuah simpul dalam adalah semua simpul dari pohon yang memiliki anak dan bukan merupakan daun. Beberapa pohon hanya menyimpan data didalam simpul dalam, meskipun ini mempengaruhi dinamika penyimpanan data dalam pohon. Sebegai contoh, dengan daun yang kosong, seseorang dapat menyimpan sebuah pohon kosong dengan satu daun. Bagaimanapun juga dengan daun yang dapat menyimpan data, tidak dimungkinkan untuk menyimpan pohon kosong kecuali jika seseorang memberikan beberapa jenis penanda data di daun yang menandakan bahwa daun tersebut seharusnya kosong (dengan demikian pohon itu seharusnya kosong juga). Sebaliknya, beberapa pohon hanya menyimpan data dalam daun, dan menggunakan simpul dalam untuk menampung metadata yang lain, seperti jarak nilai dalam sub pohon yang berakar pada simpul tersebut. Jenis pohon ini berguna untuk jarak yang meragukan.
Sub pohon (Subtrees)
Sebuah sub pohon adalah suatu bagian dari pohon struktur data yang dapat dilihat sebagai sebuah pohon lain yang berdiri sendiri. Simpul apapun dalam pohon P, bersama dengan seluruh simpul dibawahnya, membentuk sebuah sub pohon dari P. Sub pohon yang terhubung dengan akar merupakan keseluruhan pohon tersebut. Sub pohon yang terhubung dengan simpul lain manapun dinamakan sub pohon asli (proper subtree).
Penyusunan pohon
Terdapat dua jenis pohon. Sebuah pohon tidak terurut (unordered tree) adalah sebuah pohon dalam arti struktural semata-mata, yang dapat dikatakan memberikan sebuah simpul yang tidak memiliki susunan untuk anak dari simpul tersebut. Sebuah pohon dengan suatu susunan ditentukan, sebagai contoh dengan mengisi bilangan asli berbeda ke setiap anak dari simpul tersebut, dinamakan sebuah pohon terurut (ordered tree), dan struktur data yang dibangun didalamnya dinamakan pohon terurut struktur data (ordered tree data structures). Sejauh ini pohon terurut merupakan bentuk umum dari pohon struktur data. Pohon biner terurut merupakan suatu jenis dari pohon terurut.
Hutan
Sebuah hutan adalah sebuah himpunan yang terdiri dari pohon terurut. Lintasan inorder, preorder, dan postorder didefinisikan secara rekursif untuk hutan.
- inorder
1. lewati inorder hutan yang dibentuk oleh sub pohon yang pertama dalam hutan, jika ada
2. kunjungi akar dari pohon pertama.
3. lewati inorder hutan yang dibentuk oleh sisa pohon dalam hutan, jika ada.
1. lewati inorder hutan yang dibentuk oleh sub pohon yang pertama dalam hutan, jika ada
2. kunjungi akar dari pohon pertama.
3. lewati inorder hutan yang dibentuk oleh sisa pohon dalam hutan, jika ada.
- preorder
1. kunjungi akar dari pohon pertama.
2. lewati preorder hutan yang dibentuk oleh sub pohon yang pertama dalam hutan, jika ada
3. lewati preorder hutan yang dibentuk oleh sisa pohon dalam hutan, jika ada.
1. kunjungi akar dari pohon pertama.
2. lewati preorder hutan yang dibentuk oleh sub pohon yang pertama dalam hutan, jika ada
3. lewati preorder hutan yang dibentuk oleh sisa pohon dalam hutan, jika ada.
- postorder
1. lewati postorder hutan yang dibentuk oleh sub pohon yang pertama dalam hutan, jika ada
2. lewati postorder hutan yang dibentuk oleh sisa pohon dalam hutan, jika ada.
3. kunjungi akar dari pohon pertama.
1. lewati postorder hutan yang dibentuk oleh sub pohon yang pertama dalam hutan, jika ada
2. lewati postorder hutan yang dibentuk oleh sisa pohon dalam hutan, jika ada.
3. kunjungi akar dari pohon pertama.
Penggambaran pohon
Ada banyak cara untuk menggambarkan pohon; pada umumnya penggambaran mewakili simpul sebagai rekor yang dialokasikan pada heap (bedakan dengan heap struktur data) yang mengacu pada anaknya, ayahnya, atau keduanya, atau seperti data materi dalam array, dengan hubungan diantaranya ditentukan oleh posisi mereka dalam array (contoh binary heap).
Pohon sebagai grafik
Dalam teori grafik, sebuah pohon adalah sebuah grafik asiklis yang terhubung. Pohon yang berakar merupakan sebuah grafik dengan sudut tunggal diluar sebagai akar. Dalam kasus ini, dua sudut apapun yang terhubung dengan sebuah sisi mewarisi hubungan orang tua dan anak. Sebuah grafik asiklis dengan bermacam-macam komponen yang terhubung atau himpunan dari pohon-pohon yang berakar kadang-kadang dipanggil hutan.
Metode traversal
Melangkah melalui materi dari pohon, dengan arti dari hubungan antara orang tua dan anak, dinamakan menelusuri pohon, dan tindakannya adalah sebuah jalan dari pohon. Seringkali, sebuah operasi mungkin dapat dilakukan sebagai penunjuk ysng mengacu pada simpul khusus. Sebuah penelusuran dimana setiap simpul ayah dikunjungi sebelum anaknya dinamakan pre-order walk, yaitu sebuah penelusuran dimana anaknya dikunjungi sebelum ayahnya masing-masing dinamakan post-order walk.
Operasi umum
* Menghitung seluruh materi (item)
* Pencarian untuk sebuah materi
* Menambahkan sebuah materi pada sebuah posisi tertentu dalam pohon
* Menghapus sebuah materi
* Mengeluarkan seluruh bagian dari sebuah pohon pruning
* Menambahkan seluruh bagian ke sebuah pohon grafting
* Menemukan akar untuk simpul apapun
* Pencarian untuk sebuah materi
* Menambahkan sebuah materi pada sebuah posisi tertentu dalam pohon
* Menghapus sebuah materi
* Mengeluarkan seluruh bagian dari sebuah pohon pruning
* Menambahkan seluruh bagian ke sebuah pohon grafting
* Menemukan akar untuk simpul apapun
Penggunaan umum
* Memanipulasi data secara hierarki
* Membuat informasi mudah untuk dicari
* Memanipulasi data sorted lists
* Membuat informasi mudah untuk dicari
* Memanipulasi data sorted lists